Saturday, August 6, 2016

Membuat Tahu Sendiri

Pernah makan Tahu?

Jika pertanyaan ini dilontarkan kepada penduduk Indonesia, Jawa misalnya. Pasti jawabannya bukan cuma, "Pernah." tapi "seriiiiing." Asal mula tahu yang katanya dari Cina itu ... bagi rakyat Indonesia serasa wajib deh. Nggak terlewatkan sebulan tanpa ngemil tahu. Delicious, tasty, incrivel, murah lagi. Halah halah. Lengkap sudah. Saking murahnya, kita jadi nggak pernah kepikiran membuat tahu sendiri.  Paling ibu-ibu yang hobi masak, ibu-ibu food blogger, atau ibu-ibu yang terdampar di negeri antah berantah nan jauh dari Indonesia. Hmm ... kumat deh tangan kreatifnya saking rindu masakan nusantara.

Kaya saya, iya ... saya.

Setelah umur seperempat abad kurang baru 'ngeh' .... Ya Allah, mudah betul membuat tahu sendiri. Yang awalnya kelihatan impossible dilihat dari ... dipikir dari ...

* Kedele yang tadinya keras segede gobang kok bisa bertekstur putih, lebut, enak dimakan. Heheu 
* Pasti alat-alatnya modern, canggih, rumit, gede-gede (ya iyalah gede wong skala industri. Piye tho).
Tu, banyak kan tahu saya ;) hohoho

Alat dan bahan membuat tahu 


Hmm, padahal modal kedelai sekilo (sekilo saja kebanyakan), jeruk nipis, blender dan panci kecil-kecil juga oke. Bisa banget. Alat dan bahan sudah. Terus cara membuatnya?

Cara membuat tahu sendiri alias homemade


  • Cuci bersih kedelai dan hilangkan pengotor misal kerikil, jagung dll. (Punya saya sudah bersih keluar bungkus jadi bisa diskip).
  • Kedelai direndam air hangat (haha saya pakai air shower)  6 jam lah ya. Bangun  jam tiga gitu terus ngerendam kedelai. Ini mah opsional.
  • Kedelai yang sudah gede karena proses hidrolisa selama perendaman diblender. Kedelai dengan air adalah 1:2 terus diperas. Ampas perasan diblender lagi dengan air dua bagian (kaya tadi) peras lagi. Blender kedelai sisanya sampai habis.
  • Susu kedelai mentah direbus sampai mendidih (jaga jangan sampai meluap. Bisa banjir kompor hihihi ... saya sering deng kebanjiran heheu. Benar-benar nambah kerja ekstra).
  • Sambil ngerebus susu kedelai, kita peras jeruk nipis. 
  • Setelah mendidih didiamkan sebentar biar suhu turun mungkin 70-80 derajat Celcius.
  • Pas susu kedelai udah rada hangat masukkan perasan jeruk nipis sambil diaduk-aduk. Tunggu.
* Karena panci saya kecil-kecil. Untuk panci berisi susu kedelai kurleb 2-2,5 L saya tambahkan 50mL air jeruk nipis. Boleh lebih, biar cepat.
  • Kalau susu kedelai udah mengumpal dan air terlihat bening (rada kuning), langsung cetak. 
* Skala saya mah pakai wadah apa aja di dapur yang bolong-bolong terus dilapis kain bersih.
  •  Boleh di press dengan pemberat, boleh di diamkan gitu saja. Setelah tahu mengeras, masukkan dalam wadah, kasih air, tutup dan masukkan kulkas. 

* Bisa tahan seminggu. Mungkin lebih tanpa mengubah rasa atau langsung di masak sesuai selera. Yummy, enak!!

Seperti hari ini, salah satu olahan tahu homemade ala saya (ala lapar)  hahaha

Tahu saya remukkan. Campur telur, bumbu, dan parutan wortel dan goreeeeeeng. Jadilah tahu wortel goreng.

Tahu telur wortel goreng. Yummy 


No comments:

Post a Comment