Wednesday, September 28, 2016

Tentang 'Sarapan Pagi'

Bagi manusia asing kek saya, menyiapkan sarapan pagi agaknya menjadi hal yang paling ogah dijalani deh, meski hanya kadang-kadang. Karena biasanya, partner saya menyiapkan sarapan untuk beliau sendiri. So, nggak pakai campur tangan saya. Sementara saya bisa memakan apapun yang ada, nasi, lauk dan lain-lain sebagai menu sarapan. :D :D

´Sarapan pagi dalam bahasa Portugis adalah café da manhã (bc: kafe da manya) yang jika diterjemahkan secara langsung bakal jadi kopi di pagi hari. Yups, mereka cuma minum kopi doang (terjemahan saya tok sih). Karena menu café da manhã bagi brasileiros (sebutan buat berkw brasil) selalu dengan kopi, jarang banget yang pakai jus dll. Menu wajibnya adalah kopi, susu, pão de sal (roti garam :o :o roti asin kali ya,) mentega, keju atau bacon, bolu (jarang) atau pão de queijo (roti keju). Minumannya bisa kopi plus susu untuk remaja hingga dewasa, sedang yang masih kecil biasanya susu plus cokelat.

Café da manhã
Menu sarapan 
Credit: simnoticias.com.br 
Beda sama partner yang nggak begitu suka kopi, maka sarapan beliau biasanya adalah susu plus coklat, biskuit, dan yogurt (kalau pas ada, hahah). Tapi, tetap saja kan sebutannya adalah café da manhã. Yang membuat repot adalah saat beliau terburu-buru dan minta tolong disiapkan 'café' aka kopi. Café kan bisa bermakna ganda tuh, disiapkan sarapan yang biscuit dkk-nya itu atau hanya kopi betulan. Maksudnya ya, kopi dengan air dan gula itu. 

Pernah suatu hari pas beliau sudah nyungsep ke kamar mandi, minta tolong siapkan ´café' beliau. Karena takut salah, maka saya tanya apakah yang dimaksud itu kopi dengan air dan gula? (garuk kepala). Karena tidak ada jawaban akhirnya segera saja saya berjibaku merebus air dan menyiapkan kopi, gula dll. 

Eh, tahunya waktu beliau keluar, melihat kopi di atas meja bukannya bilang terima kasih, malah protes.

"Hei, maksud saya itu ´Café' yang biskuit dkk-nya itu looo ..." 

Treng terereng rereng ....

Tuh, nggak jelas kan, kenapa juga sih kudu bilang cuma satu kata itu ... Aih, kalau begini, siapa yang mau minum kopinya? (Dasar saya juga nggak terlalu dengan kopi).

Sekarang, jika beliau minta tolong sesuatu tentang café da manhã tuh dengan cuma bilang café  saja. Maka saya pasti bertanya, apakah maksudnya kopi dengan air dan gula? :D :D 

No comments:

Post a Comment